Situs Majapahit di Lumajang Terancam di Buldozer


Lumajang – Situs Biting yang terletak di Dusun Biting, Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Lumajang yang merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit terancam diratakan dengan tanah. Lokasi bersejarah ini akan dijadikan perluasan areal perumahan.

Untuk mempertahankan situs ini, elemen masyarakat peduli peninggalan Majaphit mendatangi Pemkab Lumajang mendesak agar pemerintah menyelamatkan situs bersejarah itu.

“Kami berupaya untuk memberitahukan bahwa ada situs bersejarah yang ada di Perumahan Biting ini,” kata Mansur Hidayat, koordinator Elemen Masyarakat Peduli Peninggalan Majapahit, kepada detiksurabaya.com, Senin (17/1/2011).

Mansur Hidayat yang merupakan alumnus Fakultas Sastra, Jurusan Sejarah, Universitas Udayana, Denpasar, mengatakan ada bagian tembok kuno peninggalan Majapahit yang nyaris terkena buldozer berkaitan dengan rencana perluasan lahan perumahan cabang Jember ini.

Menurutnya, keberadaan situs Biting seluas 135 hektar yang merupakan salah satu bagian dari Kerajaan Majapahit terancam musnah dulunya bernama Kutorenong yang merupakan
merupakan Kotaraja dan berari ada perputaran ekonomi.

“Untuk itu, kami mendesak Pemkab Lumajang untuk melindungi situs yang berupa benteng sepanjang 500 meter serta potensi peninggalan barang-barang bersejarah yang ada di dalamnya,” jelas Mansur Hidayat.

Mansur menambahkan, dari hasil penelitian sejarah, setidaknya 135 hektar dari situs di kawasan Biting yang merupakan benteng peninggalan Patih Nambi dari Kerajaan Majaphit, dan juga adipati Minak Koncar yang merupakan Pemimpin di Kadipaten Lamajang dulu kala.

“Seluruhnya merupakan bagian dari peninggalan Kerajaan Majapahit. Karena, situs Biting
merupakan areal kekuasaan Majapahit di telatah bagian Timur,” tegas Mansur.

Mansur Hidayat memperkirakan lokasi Situs Biting masih banyak menyimpan potensi benda-benda bersejarah peninggalan Kerajaan Majapahit. “Dalam sejumlah penggalian yang pernah dilakukan ditemukan ujung keris serta manik-manik. Bahkan pernah ditemukan kepingan uang emas,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: